Agus Riadi NIM: 10111089

Minggu, 02 Oktober 2011

Cara Mempercepat Komputer Secara Manual Tanpa APPS

Anda sering kan .! karna semakin lama kinerja os kta mkin hari, makin lambat dan ngebosenin.? saya Ada sulosi ni buat yang mau kotak-katik isi sofware OS nya. biyar gak lemot lagi, Tanpa sofware.? But, sebaik na lebih baik gunakan www.tune-up.com.?

Gak basa-basi lagi ya udah ikutin aja ni postingan di bawah

Dalam windows Tingkat Resolusi yang memperlambat Windows XP/W7 Fitur ini klasik, dengan meningkatkan tampilan warna dengan 32 bit membuat layar Windows lebih nyaman dilihat. Khususnya mereka dengan VGA berkeceptan tinggi biasanya juga memaksimalkan tampilan warna Windows dengan tingkat warna 32 bit. Bila anda merasa layar desktop anda sedikit lambat, coba rubah tampilan fitur warna dari 32 bit ke 16 bit. Selain mempercepat kinerja desktop , gambar dari layar juga lebih responsif. Merubah tingkat warna dari 32 bit ke 16 bit tentu akan mengurangi tampilan gambar pada desktop computer, khususnya mereka yang membutuhkan tayangan gambar dengan kualitas warna seperti photo realistik. Bila anda tidak memerlukan tampilan layar setinggi pemakai aplikasi editing Photo dan 3D, 16 bit color lebih menguntungkan anda dengan tampilan layar lebih cepat.

* Menggunakan file system NTFS
Jika Anda baru menginstall windows xp, gunakan file system NTFS. File sistem NTFS lebih cepat diakses dan scandisknya juga sangat cepat. Jangan gunakan FAT, kecuali Anda ingin bisa mengakses harddisk tersebut di windows 98 yang tanpa software tambahan. Windows 98 bisa mengakses file NTFS dengan software tambahan: ntfs-reader atau NTFS98.

* Mematikan Indexing Service
Indexing service merupakan fasilitas windows untuk membuat dan mengupdate index file/folder secara berkala, sehingga ketika menggunakan fasilitas Search di explorer, maka pencarian bisa lebih cepat. Kadang fitur ini sering membuat kinerja PC menjadi lambat, apalagi jika jarang menggunakan fasilitas Search/Find. Untuk menon aktifkannya melalui langkah berikut :
1. Buka Control Panel > Add or Remove Programs
2. Pilih Add/ Remove Windows Components
3. Hlangkan tanda cek pada Indexing Service klik saja next
4. Tunggu proses sampai selesai
Mengeset virtual memori yang optimal
Buka Start Menu -> Control Panel -> System Properties. Buka tab Advanced. Klik pada Performance setting. Klik tab Advanced. Pada bagian bawah ada pilihan Virtual Memory, klik pada tulisan Change. Gunakan custom size. Isi dengan:
Minimum : 1024 MB
Maximum : 2048 MB
Mengatur Seting “Performance Options”
Klik kanan My Computer pilih tab Advanced dan Klik Setting pada bagian Performance
Agar komputer berkerja lebih cepat, maka bisa dipilih Adjust for best performance, tetapi jika ingin tetap menggunakan tampilan XP, pilih saja (beri tanda cek) pada pilihan :
• Use visual styles on windows and buttons
• Smooth edges of screen fonts
• Use drop shadows for icon labels on the desktop (jika icon desktop diaktifkan)
Animasi lainnya tidak begitu penting, jadi di hilangkan tanda cek-nya.
Mematikan services yang tidak perlu
Dalam window msconfig, buka tab services. Ini adalah service yang otomatis dijalankan windows pada saat startup. Ada beberapa service yang tidak perlu dan sebaiknya dimatikan, yaitu:
* Automatic Live Update Scheduler. Service ini jika Anda tidak ingin otomatis update windows, atau komputer Anda tidak terhubung Internet sama sekali.
* Error Reporting Service. Jika Anda pernah melihat window yang isinya “error occured ….” terus ada pilihan send atau don’t send. Itulah guna dari service ini. Kita biasanya memilih don’t send, jadi service ini sebaiknya dimatikan.
* Live Update, sama dengan Automatic Live Update Scheduler.
* Automatic Updates, sama dengan Automatic Live Update Scheduler.
* Remote Desktop Help Manager. Digunakan untuk membantu Anda jika mengalami kesulitan atau error di windows, Anda bisa meminta teman Anda untuk mengakses komputer Anda dari jarak jauh (Internet). Jika Anda tidak pernah memakainya, service ini sebaiknya dimatikan.
* Remote Registry. Untuk mengakses registry (file setting windows) dari jarak jauh. Sebaiknya dimatikan.
* Uninterruptible Power Supply (UPS). Ini hanya digunakan jika komputer Anda menggunakan UPS, yaitu alat yang berguna untuk menyimpan energi listrik ketika listrik padam. Matikan service ini jika Anda tidak menggunakan UPS.
* Even Log.Windows mencatat semua log tentang apa yang terjadi di windows. Jika Anda tidak pernah menggunakan even log (ada di Control Panel -> Administratif Tool), maka service ini boleh dimatikan.
* Windows Audio. Boleh dimatikan jika komputer Anda tanpa sound card.
jika kita sudah menghapusnya dari system namun masih muncul dalam daftar startup, kita dapat menghapusnya secara permanen daftar startup msconfig dari system, dengan langkah sebagai berikut.
* Klik Start >> Run >> kemudian ketik regedit kemudian OK atau ENTER.
* Klik HEY_LOCAL_MACHINE >> SOFTWARE >> Microsoft >> Shared Tool >> Msconfig >> Startupreg
* Kemudian hapus aplikasi-aplikasi yang sudah dihapus dari system satu persatu, dengan cara klik kanan pada aplikasi yang dimaksud kemudian pilih delete.
* Jika sudah, kemudian tutup registry
* Restart Komputer

* Buang program yang tidak diperlukan dari start-up
Seperti sistem operasi Microsoft lainnya, ketika meng-install program kedalam harddisk. Umumnya beberapa program menempatkan fitur seperti auto update, driver atau program tambahan pada start-up. Mungkin anda tidak pernah sadar bahwa program yang ditempatkan pada start-up Windows juga memperlambat ketika Windows XP akan digunakan.
Untuk membuka dan melihat program apa saja yang diload ketika pertama kali Windows XP mulai bekerja. Anda dapat mengetik pada Run, dengan Regedit
Fungsi Regedit adalah melihat Registry Windows dan merubahnya bila diperlukan. Area startup terletak pada. Atau gunakan msconfig yang dijalankan melalui Run.
HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run
Sebagian program yang akan diload pada Sistem Windows XP diluar program Windows XP ditempatkan di area RUN. Pastikan ketika membuang task program pada startup didalam RUN directory adalah program yang tidak anda gunakan.
Bila anda merasa ragu mengutak utik Registry Windows, ada baiknya mengunakan program pembantu seperti TuneUp.
Pada gambar dibawah ini adalah tampilan program TuneUp dengan menu untuk merubah Start-up manager. Dan menon-aktifkan beberapa program yang memang tidak anda perlukan sementara waktu.

0 komentar:

Posting Komentar